RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Model EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan    :  SD Negeri Kotagede I

Mata Pelajaran          :  Matematika

Kelas/Semester          :  V (Lima) / II (Dua)

Materi Pokok             :  Bangun Datar

Alokasi Waktu           :  8 x 35 menit (4 x pertemuan)

 A.    Standar Kompetensi

Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun.

B.     Kompetensi Dasar

Mengidentifikasi sifat bangun datar.

C.    Indikator Pembelajaran

  1. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium.
  2. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar trapesium.
  3. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar trapesium.
  4. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajargenjang.
  5. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar jajargenjang.
  6. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar jajargenjang.
  7. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat.
  8. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  9. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  10. Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang.
  11. Menentukan rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.
  12. Memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.

D.    Tujuan Pembelajaran

Setelah memperhatikan alat peraga dan mendengarkan penjelasan dari guru, maka diharapkan:

  1. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium.
  2. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus kelilng bangun datar trapesium.
  3. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar trapesium.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajargenjang.
  5. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus kelilng bangun datar jajargenjang.
  6. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar jajargenjang.
  7. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat.
  8. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus keliling bangun datar belah ketupat.
  9. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  10. Siswa dapat mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang.
  11. Siswa dapat menentukan rumus luas dan rumus keliling bangun datar layang-layang.
  12. Siswa dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan penggunaan rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.

Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin (discipline), rasa homat dan perhatian (respect), tekun (dilligence), kooperatif (cooperative) dan bertanggungjawab (responsibility).

E.     Metode/Pendekatan Pembelajaran

1.      Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Tanya-jawab
  4. Tutor sebaya
  5. Penugasan
  6. Kerja kelompok

2.      Pendekatan Pembelajaran

Cooperative Learning Tipe GI (Group Investigation)

F.     Materi Essensial

Sifat-sifat bangun datar

  • Trapesium
  • Jajargenjang
  • Belahketupat
  • Layang-layang

Menghitung luas dan keliling bangun datar

G.    Sumber/Alat Pembelajaran

  1. Buku Cerdas Matematika 5B untuk Sekolah Dasar Kelas V Semester Kedua, Yudhistira.
  2. Buku Terampil Berhitung Matematika untuk SD Kelas V, Penerbit Erlangga.
  3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Model Silabus Kelas V SD, BSNP.
  4. LKS (lembar kegiatan siswa)
  5. Gambar bangun datar

H.    Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar

1. Pertemuan I (70 Menit)

a.      Kegiatan Awal (7 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

  1. Apersepsi dan motivasi
  2. Mengingat kembali pelajaran tentang bangun datar.
  3. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  4. Mengidentifikasi topik dan mengatur siswa dalam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang siswa.

2 menit

5 menit

b.      Kegiatan Inti (58 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Eksplorasi

  1. Guru menawarkan sebuah topik (trapesium) yang akan dipelajari hari ini pada siswa.
  2. Guru membagikan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan siswa di dalam kelompoknya.
  3. Siswa memahami sifat-sifat bangun datar trapesium beserta rumus luas dan kelilingnya.
  4. Siswa secara mandiri bersama kelompoknya bekerja sama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

11 Menit

Elaborasi

  1. Siswa mengkaji, menginvestigasi dan mengumpulkan informasi tentang sifat-sifat bangun datar trapesium secara kooperatif yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas, berdasarkan instruksi yang ada dalam lembar kegiatan siswa.
  2. Siswa dalam kelompoknya saling memberikan kontribusi, saling bertukar dan berdiskusi tentang semua gagasan.
  3. Siswa secara berkelompok mengisi lembar kegiatan siswa yang telah dibagikan.
  4. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan luas dan keliling bangun datar trapesium.
  5. Siswa merencanakan dan membuat laporan hasil diskusi.
  6. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topik.
  7. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  8. Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan tambahan jawaban pada kelompok penyaji, berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya oleh seluruh kelompok.

30 Menit

Konfirmasi

  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.

17 Menit

c.       Kegiatan Penutup (5 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Siswa bersama guru memberikan kesimpulan bahwa

Trapesium adalah bangun datar segiempat dengan dua buah sisinya yang berhadapan sejajar.

3 menit

Guru memberikan tugas rumah pada siswa.

2 Menit

 2. Pertemuan II (70 menit)

a.      Kegiatan Awal (10 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi:
  2. Mengingat kembali materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  3. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  4. Siswa diarahkan untuk membentuk kelompok sesuai pada pertemuan sebelumnya.

7 Menit

b.       Kegiatan Inti (55 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Eksplorasi

  1. Masing-masing kelompok mengecek alat dan bahan yang diperlukan untuk kegiatan hari ini.
  2. Guru membagikan LKS (Lembar Kegiatan Siswa) sebagai pedoman kegiatan yang akan dilakukan siswa di dalam kelompoknya.
  3. Siswa belajar memahami konsep dan sifat-sifat bangun datar jajargenjang secara berkelompok.

5 Menit

Elaborasi

  1. Siswa diberikan tugas oleh guru untuk membuat gambar bangun datar sesuai topik yang telah disepakati pada hari ini (topik: Jajargenjang).
  2. Berdasarkan gambar tersebut siswa melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi secara kooperatif tentang sifat-sifat dari bangun datar tersebut.
  3. Siswa bekerja sama dalam kelompoknya untuk mengisi lembar kegiatan siswa yang telah dibagikan.
  4. Siswa berpikir kritis serta menganalisis soal yang diberikan sebagai contoh permasalahan yang harus dipecahkan bersama-sama.
  5. Siswa secara kooperatif membuat laporan hasil investigasi materi yang akan dipresentasikan di depan kelas.
  6. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topiknya masing-masing.
  7. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  8. Siswa dari kelompok lain memperhatikan kelompok penyaji dan bersiap untuk memberikan pertanyaan atau tambahan jawaban terhadap materi yang disajikan, berdasarkan kriteria yang telah disepakati sebelumnya oleh seluruh kelompok.

33 Menit

Konfirmasi

  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.

17 menit

c.      Kegiatan Penutup (5 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa

Jajargenjang adalah bangun datar segiempat dengan sisi-sisinya yang berhadapan sejajar dan sama panjang.

3 menit

Guru memberikan tugas rumah pada siswa.

2 menit

 3. Pertemuan III

a.      Kegiatan Awal (10 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi:
  2. Mengingat kembali materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  3. Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang diharapkan.
  4. Siswa siswa diarahkan untuk membentuk kelompok sesuai kelompok yang telah disepakati pada pertemuan sebelumnya.

3 menit

2 menit

5 menit

 c.       Kegiatan Inti (55 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Eksplorasi

  1. Siswa bersama guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemua sebelumnya.
  2. Guru membagikan LKS sebagai pedoman bagi siswa untuk menyelesaik tugas oada hari ini.
  3. Siswa memahami konsep dan sifat-sifat bangun datar belah ketupat.

8 Menit

Elaborasi

  1. Siswa diberikan tugas oleh guru untuk mengkaji sifat-sifat beserta rumus luas dan keliling bangun datar belah ketupat.
  2. Siswa melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi secara kooperatif yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas.
  3. Siswa dengan bimbingan guru menjawab soal-soal yang ada di lembar kegiatan siswa.
  4. Siswa membuat laporan hasil investigasi materi yang telah diperoleh secara kooperatif.
  5. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topiknya masing-masing.
  6. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  7. Siswa dari kelompok lain memperhatikan pemaparan hasil diskusi dari kelompok penyaji dan bersiap untuk memberikan pertanyaan atau tambahan jawab pada materi yang telah disajikan, berdasarkan kriteria yang telah disepakati sebelumnya oleh seluruh kelompok.

30 Menit

Konfirmasi

  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru membuat refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.

17 menit

c.      Kegiatan Penutup (5 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa

Belah ketupat merupakan bangun datar segiempat, yang keempat sisinya sama, dan sudut-sudut yang berhadapan sama besar.

3 menit

Guru memberikan tugas rumah pada siswa.

2 Menit

 4. Pertemuan IV

a.      Kegiatan Awal (10 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu
  1. Apersepsi dan motivasi
  • Mengingat kembali materi pelajaran pada pertemuan sebelumnya.
  • Menyampaikan indikator pencapaian kompetensi.
  1. Siswa kembali membentuk kelompok sesuai kelompok yang telah disepakati pada pertemuan sebelumnya.

5 menit

5 menit

b.      Kegiatan Inti (57 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Eksplorasi

  1. Siswa bersama guru membahas tugas rumah yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
  2. Guru membagikan LKS sebagai pedoman instruksi tugas yang harus diselesaikan siswa pada hari ini.
  3. Siswa memahami konsep dan sifat-sifat bangun datar layang-layang secara mandiri dan berkelompok.

5 Menit

Elaborasi

  1. Siswa diberikan tugas oleh guru untuk mengkaji sifat-sifat beserta rumus luas dan keliling bangun datar layang-layang.
  2. Siswa melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi secara kooperatif yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelas.
  3. Siswa dengan bimbingan guru menjawab soal yang ada di lembar kegiatan siswa.
  4. Siswa membuat laporan hasil investigasi materi yang telah diperoleh secara kooperatif di dalam kelompoknya masing-masing.
  5. Guru mengawasi kegiatan kerja kelompok yang sedang berlangsung dan memberikan bantuan seperlunya pada kelompok yang mengalami kendala dalam pengkajian topiknya masing-masing.
  6. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masing-masing di depan kelas.
  7. Siswa mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi berdasarkan kriteria yang telah disepakati.

34 Menit

Konfirmasi

  1. Guru mengumumkan perolehan poin yang telah diraih masing-masing kelompok pada hari ini, sekaligus mengumumkan dan memberikan hadiah untuk kelompok terbaik.
  2. Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dipahami.
  3. Siswa bersama guru melakukan refleksi untuk pembelajaran pada hari ini.

18 menit

c.       Kegiatan Penutup (4 Menit)

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

Siswa bersama guru membuat kesimpulan bahwa
Layang-layang memiliki sifat-sifat sebagai berikut.

  1. Layang-layang mempunyai satu sumbu simetri.
  2. Terdapat 2 pasang sisi yang sama panjang.
  3. Terdapat sepasang sudut berhadapan yang sama besar.

Salam penutup.

3 menit

3 menit

 I.       Evaluasi Pembelajaran

1.      Prosedur Evaluasi

  1. Penilaian proses (terlampir)
  2. Postes

2.      Jenis Evaluasi

Tes tertulis

3.      Bentuk Evaluasi

Pilihan ganda

4.      Alat Evaluasi

(Terlampir)

J.      Skor Penilaian

Untuk soal pilihan ganda yang terjawab dengan benar, skornya = 15. Jadi, jumlah skor untuk soal pilihan ganda =  15/15 x 100 = 100.

K.    Kriteria Keberhasilan

Siswa berhasil/kompeten dengan nilai minimal = 70.

About these ads

~ oleh Lhani pada 20 April 2011.

25 Tanggapan to “RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Model EEK (Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi)”

  1. Assalam ‘laikum hai hambah Allah terima kasih aku dapat membaca tulisannya,

  2. I really want to exchange links with you .. please response. my blog:
    Kabar Pendidikan

  3. sor ya……. aku nyontek dikit ,

  4. aslkm, sip, lams ukhuwah

  5. salut atas kreatrifitas Anda. ingin kenal lebih lanjut.

  6. […] RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Model EEK (Eksplorasi …  […]

  7. ass. cukup membantu pemahaman saya dlm pembuatan lesson plan model karakter bangsa dan eek, trims ya.

  8. RPP-nya bagus menarik

  9. makasih udh menambah pengetahuan

  10. Tolong dong contekannya rpp kls VI

  11. sempurna…cantik sebanding dg kepintaran…

  12. aku ambil buat tgas dr Dosen…..

  13. salam wr wb. Ukhti mohon ijin tuk copy tulisannya

  14. tolong dunkz,…kalo ada rpp dengan menggunakan penerapan teori van hielle kalo ada,….makasih,…..

  15. Postingan yg cukup bagus. Siip.
    Tentang matematika, silakan kunjungi

    http://mengajarmatematikasd.blogspot.com

  16. Asalamualaikum…trma ksih tas info@,ku bnyk trtlong dlm pmhmn mmbwt rpp yg bnr…skli lg trma ksih ya…smga dpt brmnfat tuk orng lain strus@ n’ mdptkn blsan olh Allah klk…Amiiin

  17. Thanks for all…….

  18. Ass, terus berkarya ….bagus RPP-nya

  19. RPP yang bagus…
    tapi contoh LKS nya ga ada….
    aku pengen contoh LKS nya
    bagi dunk!!!

  20. apa jawaban :ini soal ::Andi membuat Layang – Layang.sebutkan sifat – sifat layang layang ?? jawab ::

  21. semboga di DIjawab YA

  22. rpp-nya udah yes oke. Gmana dg penyampaian materinya?

  23. wah…bagus ya…bisa tuk acuan kelengkapan mengajar !

  24. bgus bngt RPP nha bsa mnjdi acuan to pmbuatan RPP mata pel yg laen :)

  25. thanx…semoga bisa membantu dalam tugas saya…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: