RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)

Satuan Pendidikan    :  SD Negeri Percobaan 2

Mata Pelajaran          :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Semester          :  IV (Empat) / I (Satu)

Alokasi Waktu           :  2 x 35 Menit

 

A.    Standar Kompetensi

6.   Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara

penggunaan benda berdasarkan sifatnya.

B.     Kompetensi Dasar

6.2. Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair → padat → cair; cair →

gas → cair; padat → gas.

C.    Indikator Pembelajaran

1.      Kognitif

a.       Produk

1)      Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud

semula.

2)      Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda.

3)      Memberikan contoh perubahan wujud benda.

b.      Proses

Mengamati macam-macam proses perubahan wujud benda.

2.      Afektif

a. Aktif berpartisipasi dalam kerja kelompok.

b. Disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.

c. Memperhatikan instruksi kerja yang disampaikan.

3.      Psikomotor

Melakukan percobaan tentang perubahan wujud benda.

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Kognitif

a.       Produk

1)      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula dengan benar.

2)      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda dengan benar.

3)      Setelah melakukan percobaan, siswa dapat memberikan contoh perubahan wujud benda dengan benar.

b.      Proses

Melalui percobaan kelompok, siswa dapat mengamati macam-macam proses perubahan wujud benda yang terjadi secara langsung.

2.      Afektif

a.       Pada saat melakukan percobaan, siswa dapat berpartisipasi aktif dalam kerja kelompok.

b.      Pada saat melakukan percobaan, siswa dapat berdisiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.

c.       Sebelum melakukan percobaan, siswa dapat memperhatikan instruksi kerja yang disampaikan dengan baik.

3.      Psikomotor

Setelah memperhatikan instruksi yang disampaikan, siswa dapat melakukan percobaan tentang proses perubahan wujud benda dengan benar.

E.     Materi Pembelajaran

Perubahan Wujud Benda

F.     Model dan Metode Pembelajaran

1.      Model Pembelajaran

Penemuan Terbimbing

2.      Metode Pembelajaran

Percobaan, diskusi, penugasan, kerja kelompok, dan tutor sebaya.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar

  1. Kegiatan Awal (10 Menit)
No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

 1.

2.

3.

Apersepsi (Siswa memperhatikan alat peraga yang telah disediakan guru yaitu air panas dalam gelas yang ditutup).Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dicapai.Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini.

6 Menit

2 Menit

2 Menit

  1. Kegiatan Inti (40 Menit)

No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

Eksplorasi:Siswa bersama guru menyiapkan LKS, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan percobaan.Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil beranggotakan 4-5 orang.Siswa diberikan tugas oleh guru untuk melakukan percobaan tentang macam-macam perubahan wujud benda di dalam kelompoknya masing-masing dengan alat dan bahan yang telah disediakan sesuai instruksi yang disampaikan.

Siswa secara individu dan berkelompok mengisi LKS berdasarkan hasil percobaan dan pengamatan yang telah dilakukan di dalam kelompok, lalu dikumpulkan dan dipilih salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

Elaborasi:

Salah satu kelompok yang terpilih, maju dan mempresentasikan hasil percobaan dengan pengamatan kelompoknya di depan kelas, dan kelompok lainnya dipersilahkan untuk menyampaikan pendapatnya.

Konfirmasi:

Siswa memperhatikan gambar contoh proses perubahan wujud benda yang tempelkan guru di depan kelas.

Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami.

Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai penekanan dan penguatan pada hal-hal yang belum dipahami.

25 Menit

10 Menit

5 Menit

  1. Kegiatan Penutup (20 Menit)

No.

Jenis Kegiatan

Alokasi Waktu

1.

2.

3.

Siswa memberikan kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah diperolehnya pada hari ini.Siswa mengerjakan soal evaluasi pembelajaran.Siswa bersama guru merefleksi pembelajaran untuk hari ini.

3 Menit

15 Menit

2 Menit

H.    Sumber dan Alat Pembelajaran

  1. Sumber Pembelajaran

a.       Buku Sains Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI 4, Sularmi M.D Wijayanti, BSE, Pusbuk Depdiknas.

b.      Buku Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI Kelas IV, Hery Sulistyanto, BSE, Pusbuk Depdiknas

c.       Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar, Model Silabus Kelas IV SD, BSNP.

  1. Alat Pembelajaran

a.       Gambar macam-macam perubahan wujud benda

b.      Lilin

c.       Korek api

d.      Kamper/kapur barus

e.       Penjepit

f.       Es batu

g.      Gelas ukur

h.      Kaki tiga

i.        Kompor spritus

j.        Gelas

k.      Tutup gelas

l.        LKS (Lembar Kegiatan Siswa)

I.       Penilaian

  1. Penilaian Kognitif

a. Produk

1) Teknik Penilaian : tes isian

2) Rubrik Penilaian : (terlampir)

b. Proses

Teknik Penilaian : LKS (Lembar Kegiatan Siswa)

2. Penilaian Afektif

a. Teknik Penilaian: non tes

b. Rubrik Penilaian: (terlampir)

3. Penilaian Psikomotor

a. Teknik Penilaian: non tes (pengamatan)

b. Rubrik Penilaian: (terlampir)

4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 75.

LAMPIRAN

LKS (Lembar Kerja Siswa)

Tujuan:

Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan:

  1. lilin
  2. kamper (kapur barus)
  3. korek api
  4. penjepit
  5. es batu
  6. gelas ukur
  7. kompor spritus
  8. kaki tiga

Langkah Kerja:

1. Nyalakan sebatang lilin, kemudian amati perubahan yang terjadi pada lilin yang sudah terbakar! Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu dengan mengisi tabel di bawah ini!

Peristiwa

Perubahan Wujud

 
 

2.  Jepit sebuah kamper, kemudian panaskan di atas lilin yang menyala! Amati perubahan yang terjadi pada kamper tersebut! Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu dengan mengisi tabel di bawah ini!

Peristiwa

Perubahan Wujud

 

3.  Letakkan es batu ke dalam gelas ukur! Amati perubahan yang terjadi pada es batu setelah dipanaskan di atas kompor spritus! Buatlah kesimpulan dari hasil pengamatanmu tersebut dengan mengisi tabel di bawah ini!

Peristiwa

Perubahan Wujud

 
 
 

4. Tulislah kesimpulan yang kamu peroleh dari percobaan yang telah kamu lakukan di atas!

Kunci Jawaban LKS

1. Kesimpulan dari hasil pengamatan lilin yang dibakar adalah sebagai berikut.

Peristiwa

Perubahan Wujud

Lilin meleleh Padat ke cair = mencair
Lilin kembali menjadi padat Cair ke padat = membeku

2. Kesimpulan dari hasil pengamatan kamper yang dibakar adalah sebagai berikut.

Peristiwa

Perubahan Wujud

Kamper dipanaskan Padat ke gas = menyublim

3. Kesimpulan dari hasil pengamatan es batu yang dipanaskan adalah sebagai berikut.

Peristiwa

Perubahan Wujud

Es batu mencair Padat ke cair = mencair
Air dipanaskan Cair ke gas = menguap
Titik-titik air pada penutup gelas Gas ke cair = mengembun

4. Kesimpulan yang diperoleh dari percobaan yang telah dilakukan adalah ada 5 macam proses perubahan wujud benda yaitu:

  • Padat ke cair disebut mencair/meleleh
  • Cair ke padat disebut membeku
  • Cair ke gas disebut menguap
  • Gas ke cair disebut mengembun
  • Padat ke gas disebut menyublim

Kisi-kisi dan Rubrik Penilaian Kognitif

No.

Indikator

No Butir Soal

Skor

1.

Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.

1

2

3

4

5

10

10

10

10

10

2.

Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda.

6

10

3.

Memberikan contoh perubahan wujud benda.

7

8

9

10

10

10

10

10

Lembar Penilaian Kognitif  dan Kunci Jawaban

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1)      Proses perubahan wujud benda dari cair ke gas disebut ….

2)      Mengembun merupakan proses perubahan wujud benda dari …. ke ….

3)      Proses perubahan wujud benda dari padat ke cair disebut ….

4)      Membeku merupakan proses perubahan wujud benda dari …. ke ….

5)      Proses perubahan wujud benda dari padat ke gas disebut ….

6)      Faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan wujud benda adalah karena adanya ….

7)      Peristiwa lilin yang dibakar merupakan contoh perubahan wujud benda dari …. ke ….

8)      Peristiwa kamper dilemari pakaian yang habis  merupakan contoh perubahan wujud benda dari padat ke gas yang disebut ….

9)      Salah satu contoh proses perubahan wujud benda dari padat ke cair adalah peristiwa ….

10)  Air yang dipanaskan akan menguap. Peristiwa ini terjadi karena adanya proses perubahan wujud benda dari …. ke ….

Kunci Jawaban

1)      Menguap                           6)   Perubahan suhu

2)      Gas ke cair                        7)   Padat ke cair

3)      Mencair/meleleh           8)   Menyublim

4)      Cair ke padat                     9)   Lilin yang dibakar/es yang dipanaskan

5)      Menyublim                        10) Cair ke gas

 

Kisi-kisi Lembar Penilaian Afektif

No.

Indikator

No Butir Soal

1.

Aktif berpartisipasi dalam kerja kelompok.

1

2.

Disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.

2

3.

Memperhatikan instruksi yang disampaikan.

3

 Rubrik Penilaian Afektif

No.

Aspek Penilaian

Kriteria

Skor

1.

Keaktifan

Berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan persentase keaktifan 75% – 100% selama proses pembelajaran.Berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan persentase keaktifan 50% – 74% selama proses pembelajaran.Berpartisipasi dalam kerja kelompok dengan persentase keaktifan 25% – 49% selama proses pembelajaran.Berpatisipasi dalam kerja kelompok dengan persentase keaktifan 0% – 24% selama proses pembelajaran.

4

3

2

1

2.

Kedisiplinan

Sangat disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.Disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.Cukup disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.Kurang disiplin dalam mengerjakan tugas kelompok.

4

3

2

1

3.

Perhatian

Memperhatikan instruksi kerja yang disampaikan dengan persentase perhatian 75% – 100% selama proses pembelajaran.Memperhatikan instruksi kerja yang disampaikan dengan persentase perhatian 50% – 74% selama proses pembelajaran.Memperhatikan instruksi kerja yang disampaikan dengan persentase perhatian 25% – 49% selama proses pembelajaran.Memperhatikan instruksi kerja yang disampaikan dengan persentase perhatian 0% – 24% selama proses pembelajaran.

4

3

2

1

 Lembar Penilaian Afektif

No.

Nama Siswa

Keaktifan

Kedisiplinan

Perhatian

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1.

2.

3.

Dst

 

Kisi-kisi Lembar Penilaian Psikomotor

Indikator

No Butir Soal

Melakukan percobaan kelompok yang berhubungan dengan perubahan wujud benda. Pedoman pengamatan

 Rubrik Penilaian Psikomotor

No.

Aspek Penilaian

Skor

1.

Melakukan percobaan sesuai urutan langkah kerja.

1  2  3  4

2.

Menyalakan lilin dan mengamati perubahannya.

1  2  3  4

3.

Meletakkan kamper di atas lilin yang menyala.

1  2  3  4

4.

Meletakkan es batu dalam gelas kimia dan mengamati perubahannya

1  2  3  4

Keterangan:

4 = Baik sekali         2 = Cukup

3 = Baik                      1 = Kurang

Lembar Penilaian Psikomotor

No

Nama Kelompok

Aspek yang dinilai

Skor

1

2

3

4

1.

  1        
2        
3        
4        

2.

  1        
2        
3        
4        

 

Lampiran Materi Pembelajaran

Perubahan Wujud Benda

1.      Membeku dan Mencair

Bagaimana wujud es dan wujud air? Perhatikan gambar di bawah ini. Es merupakan benda padat yang dapat berubah menjadi air yang berwujud cair. Perubahan wujud benda cair disebut mencair. Sebaliknya, perubahan wujud dari benda cair menjadi benda padat disebut membeku.

2.      Menguap dan Mengembun

Air jika dipanaskan akan berubah wujud dari bentuk cair ke bentuk gas atau dikenal sebagai uap air. Perubahan ini disebut menguap.

Coba amati dinding gelas bagian luar. Pada saat gelas berisi air es, pada dinding gelas terjadi titik-titik air. Titik-titik air berasal dari udara yang berwujud gas berubah menjadi cair. Perubahan ini disebut mengembun.

Mengapa pada pagi hari permukaan daun suka basah? Pagi-pagi sebelum matahari terbit, kita sering melihat rumput dan daun-daun basah oleh embun. Embun itu berasal dari uap air yang ada di udara. Pada malam hari, suhu udara sangat dingin sehingga uap air berubah wujud menjadi titik-titik air yang disebut embun. Ketika matahari semakin tinggi dan suhu udara mulai panas, embun itu menguap kembali.

3.      Menyublim

Kapur barus atau kamper adalah benda padat. Jika kita menyimpan kamper pewangi di ruangan atau kamar mandi, lama-kelamaan akan habis. Ke mana kamper tersebut? Kamper berubah menjadi gas. Buktinya kita dapat merasakan harumnya. Perubahan dari kamper yang padat menjadi gas disebut peristiwa menyublim.

Dari uraian di atas perubahan wujud dapat kembali ke semula disebut mencair, membeku, menguap, mengembun, dan menyublim.

Bagan perubahan wujud tersebut dapat ditulis sebagai berikut.

Padat ke cair = mencair

Padat ke gas = menyublim

Cair ke padat = membeku

Cair ke gas = menguap

Gas ke cair = mengembun

Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan-perubahan wujud benda tersebut adalah perubahan suhu. Contoh perubahan wujud yang dapat diamati sehari-hari, dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tabel. Contoh Perubahan Wujud Benda

Peristiwa Perubahan Wujud
Mentega dipanaskan Mencair
Kamper di lemari pakaian habis Menyublim
Terjadinya kabut di daerah pegunungan Mengembun
Pakaian basah menjadi kering Menguap
Air di dalam freezer lemari es Membeku

 

 

~ oleh Lhani pada 22 Agustus 2011.

18 Tanggapan to “RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MODEL SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)”

  1. apakah ssp itu sebuah model pembelajaran..???? setahu saya ssp itu perangkat pembelajaran yg berupa silabus, RPP, materi, media, dan instrumen penilaian. mhn penjelasannya… makasi..^.^, salam kenal za… dr Ana

  2. Maksih Buanget ssp_nya jika berkenan kirim juga ssp tuk kls VI

  3. Lhani nan cakep kapan berkreasi lagi ????????????????

  4. mav mba lhani, klo kls V smst.2 b.indo punya ga rpp sperti itu? mau doong kirim via email aku ya nnengtriwullans@yahoo.co.id ,thx🙂

  5. assalamumalikum. . .
    then and successful always, amen

  6. Ass. Bu terikasih atas makalah dan ilmu2nya…….semoga terus diberikan keluasan ilmunya……..tambah lagi yah makalah2nya…..wass

  7. makasih infonya… sangat bermanfaat

  8. ada kesamaan visi dan teknis antara kita, saya sedang mencoba mencari team untuk mewujudkan ide-ide dan terobosan pendidikan dengan metode yang baru berdasarkan pengalaman luar negeri dan pengamatan di beberapa negara maju lainnya. semua itu terangkum dalam tulisan teoritis. bisakah kita connecting..?
    aris mundzirin 085333583052.
    terima kasih.

  9. DITUNGGU RESPONNYA. TERIMA KASIH, MOGA BERMANFAAT BUAT KITA DAN MASA DEPAN (PERADABAN BANGSA) KITA.

    ARIS 085 333 583 052

  10. thanks… baik bgt siH..🙂
    semoga ilmu yg telah di berikan bermanfaat.
    selalu memberi yang terbaik y mba…😀

  11. salam.. makasih mba lanii..

  12. makasih banget nih rpp, jadi nambah wawasan and mau nyoba. bravo teh Lhani…..

  13. bu gimana cara mnndapat file teresebut secara full

  14. RPP dikatakan berbasis SSP terletak dibagian yang mana? tolong dijelaskan. terima kasih

  15. Assalamu”alaikum… sy tertk bgt dg inovasi dlm metode pembelajaran yg PAIKEM. Kalau saya punya inovasi boleh diupload ke sini ?

  16. Terimakasih…

  17. Tulisan yang bernas sekali. Boleh saya minta penjelasan pada penulis apa beda kognitif produk dengan kognitif proses? Boleh saya minta RPP matematika kelas 6 sem 1 KD 3.1 Menghitung luas segi banyak termasuk bangun datar gabungan sederhana. Pendekatan yang digunakan problem posing, indikator produk dan indikator prosesnya seperti apa cocoknya, indikator psikomotornya dan afektifnya seperti apa yang lebih pas begitu. Terima kasih sebelumnya atas bantuan penjelasan jawabannya. Salam sukses selalu. Trims.

  18. Metode yang sangat bagus. sangat menyukai artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: